Minggu, 16 Januari 2011

Bujang dan Putri Malaka



Bingung mau ngapain. Kehabisan bahan bacaan dan males juga ke perpus. Alhasil, iseng sms sahabat buat pinjem novel yg dia punya. Novel apa aja, yg penting yg menurut dia cocok untuk kubaca. Dibawainlah novel ini, eh...mungkin bukan novel tepatnya. Karena buku ini memberikan banyak sekali pelajaran tentang kehidupan. Bagaimana kita belajar ayat-ayat yang tersurat dalam Al-Qur'an melalui segala sesuatu yang ada di alam, segala kejadian sehari-hari dalam hidup kita. Berikut beberapa hikmah hidup yang menurut saya paling menarik dari buku ini:
  1. MAKAN BUBUR --> "Orang yang makan bubur dengan diaduk terlebih dahulu agar bumbunya merata dan terasa nikmat, maka sesungguhnya ia hanya menyukai takdir Alloh yang menyenangkan saja. Sedangkan orang yang makan bubur tanpa mengaduknya terlebih dahulu, maka sesungguhnya ia berusaha menyukai setiap takdir Alloh, apakah yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan dirinya".
  2. "Orang mukmin bila menikah dengan wanita yang ia cintai, maka ia akan sangat menyayanginya. Namun, bila ia menikah dengan wanita yang tidak ia cintai, maka ia akan menghormatinya dan memperlakukanya dengan baik".
  3. HUJAN --> "Hujan itu adalah perumpamaan dari petunjuk dan ilmu yang diturunkan bersama Rosululloh. Bumi melambangkan manusia yang dilambangkan ilmu dan petunjuk tersebut. Hujan yang turun di tanah yang baik dan tanah yang kering adalah perumpamaan bagi orang yang mempelajari agama Alloh dan mendapatkan manfaat darinya lalu ia mengamalkan dan mengajarkannya. Sedangkan hujan yang turun di rawa-rawa merupakan perumpamaan bagi orang yang tidak peduli dengan ilmu tersebut dan tidak menerima petunjuk Alloh".
  4. MENYIRAM TANAMAN -->"Kalau setiap permohonan atau keinginan manusia dapat dengan mudah terwujud, justru itu dapat mematikan hatinya. Karena hatinya akan terlena lalu lupa bahwa Alloh-lah yang mengabulkan keinginannya itu. Padahal, adanya keinginan yang tidak terpenuhi bisa mengingatkan kita bahwa Alloh-lah Yang Maha Berkuasa atas segala kehendak dan Maha Berkehendak atas segala kekuasaan. Dengan demikian, kita akan selalu mengingat dosa kita, memohon ampunan-Nya, dan berdoa mengharap kebahagiaan. Inilah unsur-unsur penting bagi keimanan manusia."
  5. "Karena manfaat utama dari penyatuan dua orang yang saling mencintai dalam ikatan pernikahan adalah rasa syukur mereka kepada Alloh kelak. Sedangkan manfaat utama dari dua orang yang saling mencintai tapi tidak disatukan dalam ikatan pernikahan adalah kesadaran bahwa tidak semua kehendak mereka dapat terwujud karena ada kehendak Alloh Yang Maha Mengetahui siapa yang terbaik untuk menjadi pasangan mereka. Kemudian manfaat utama dari orang yang sangat mencintai seseorang yang tidak mencintainya adalah rasa cinta itu sendiri".
  6. MANDI -->"Tidakkan kalian tahu bahwa Nabi SAW pernah bersabda bahwa orang yang sholat lima waktu itu bagaikan orang yang mandi lima kali sehari di sungai yang berarus deras? Sholat yang Khusyu' dapat membersihkan hati kita dari kotoran-kotoran. Kotoran-kotoran akan ikut tersapu oleh takbir, tahlil, tasbih, dan doa yang senantiasa menyirami hati selama kita sholat. Selain itu, bilasan istighfar dan dzikir setelah sholat pun akan ikut membersihkan hati kita dari kotoran"
Dan masih banyak hikmah-hikmah lain yang bisa kita pelajari dari buku yang berjudul "Bujang dan Putri Malaka" ini. Special Thanks buat Ari yang sudah meminjami saya buku ini. Banyak pelajaran hikmah yang saya ambil dari membaca buku ini.  Selamat Membaca! ^_^

1 komentar:

  1. hebat ternyata buku itu banyak bermanfaat untuk orang banyak yah
    siiiiipppp
    saya juga suka sama buku itu
    apalagi edisi yang ke duanya

    BalasHapus