Kamis, 29 September 2011

Antara Keinginan dan Kebutuhan

Tadi bangun jam 5.15, langsung subuhan terus nonton pengajian ustadz Solmed di S*TV. Tema hari ini tentang tawakal. Ketika kita sudah berusaha dan berdoa, kita serahkan hasil akhirnya pada Alloh, karena Alloh-lah yang lebih mengetahui apa yang terbaik untuk hambaNya. Hanya kepada Alloh-lah kita patut menggantungkan keinginan-keinginan kita.

Lalu di pengajian itu juga membahas tentang pentingnya membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Terkadang manusia suka susah membedakan mana yang memang kebutuhan kita atau hanya keinginan saja. Terutama buat para cewek-ceweknya nih... Baru kemarin gajian, eh... tengah bulan depan udah abis aja... Biasa...suka laper mata! ^_^ Jalan-jalan, liat barang bagus sedikit langsung beli, padahal belum tentu saat itu kita lagi butuh barang tersebut. Ehhmm...kayaknya pelajaran budgeting emang harus bener-bener diterapkan nih, bukan cuma buat yang udah punya uang sendiri aja, buat pelajar or mahasiswa yang istilahnya 'masih nodong ke ortu' pun juga penting.

Beberapa waktu yang lalu aku sempet liat talkshow tentang cara membagi-bagi dana pengeluaran. Sebenarnya sih...ini pembahasan tentang keuangan rumah tangga, tapi gak beda jauh lah sama keuangan pribadi. Intinya (weh...jd ketularan pak Boz nih! hehe), begitu terima gaji, uang kita pilah jadi 4, untuk simpanan (yg ini gk boleh diganggu gugat dan gk boleh diambil2), untuk pengeluaran rutin (ex:sabun, kosmetik dan sebangsanya, atau biaya listrik dan kos buat yang nge-kos), untuk entertaining (ex: biaya buat karaokean, buat piknik, dll), dan yang terakhir untuk ZIS (Zakat, infak, sodaqoh). Dengan memilah pengeluaran menjadi empat pos tadi, setidaknya kita sudah belajar untuk menjadi bijak dalam mengelola pengeluaran kita agar nantinya gak 'kebobolan', tengah bulan udah kasbon sama ortu lagi (hehe...yg ini curhat! ^^). Latihanlah mulai dari sekarang, mulai belajar untuk memahami diri sendiri, ketika lagi pengen beli sesuatu, kita harus paham, sebenernya ini kebutuhan atau hanya keinginan aja, berpikir jauhlah ke depan. Jangan hanya menurutkan hawa nafsu aja (yg ini curhat lagi! ^^). Okey??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar