Jumat, 30 Desember 2011

Build Your Self-Confidence..

Berikut beberapa tips untuk membangun rasa percaya diri kamu yang saya kutip dari twitter (@AreaWanita) :

  1. KENALI RASA KETIDAKNYAMANAN KAMU. Kita semua adakalanya pasti memiliki rasa ketidaknyamanan terhadap diri sendiri, entah itu karena munculnya jerawat di wajah, merasa asing di suatu lingkungan baru, dan sebagainya. Tuliskan pada selembar kertas apa yang membuatmu tidak nyaman. Mungkin hal itu akan membuat perasaan kamu lebih ringan. Jika tidak mempan, cobalah untuk berbagi dengan teman terdekat anda, atau bisa juga kepada keluarga. Membagi pikiran akan menolong meringankan beban yang kamu rasakan.
  2. KENALI KESUKSESAN ANDA. Seberapa besarpun perasaan ketidaknyamanan kamu, Alloh SWT pasti telah memberikan kelebihan-kelebihan tertentu pada setiap manusia. Coba temukan potensi yang ada dalam dirimu dan kembangkanlah. Rendah diri adalah pernyataan yang menempatkanmu sebagai korban. Dan jangan biarkan kamu memposisikan diri sebagai korban terus-menerus. Bangkit dan temukan potensi yang ada dalam dirimu.
  3. BERSYUKUR ATAS APA YANG TELAH KAMU MILIKI. Sesungguhnya akar dari rasa ketidaknyamanan dan rasa tidak percaya diri adalah kurangnya rasa syukur atas diri sendiri. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, kamu akan dapat melawan perasaan tidak utuh dan tidak puas. 
  4. BERPANDANGAN POSITIF TERHADAP DIRI SENDIRI. Jangan pernah merendahkan kemampuan diri sendiri karena itu malah justru akan menjerumuskanmu dalam rasa tidak percaya diri yang semakin dalam. Jangan takut untuk mengakui kelebihanmu, prestasimu, pencapaianmu, semata-mata untuk menunjukkan pada dirimu bahwa kamu adalah pribadi yang hebat. Namun, perlu digarisbawahi, menunjukkan disini bukan untuk mengesankan sombong, tetapi agar tumbuh suatu sikap penghargaan terhadap diri sendiri. Seberapa jauh kamu menghargai dirimu sendiri, seperti itulah orang lain akan memandangmu.
  5. BERPAKAIAN RAPI. Meskipun pakaian tidak selalu menunjukkan kualitas seseorang, namun berpakaian rapi akan membuat dirimu nyaman dan dari rasa nyaman itu akan muncullah rasa percaya dirimu. Jika kamu tampil asal-asalan, orang lain pun akan kurang respect padamu. Cobalah untuk berpenampilan rapi, karena cara kamu berpakaian juga akan menunjukkan siapa dirimu yang sebenarnya.
Sebenarnya masih banyak tips lain untuk dapat membangun rasa percaya diri. Itu hanya beberapa saja yang saya tulis disini. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu follow @AreaWanita. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar